Cara Install Virtualmin di Centos 7

Daftar Isi

Pembahasan

Selamat Datang Sahabat Solvers! Dikesempatan kali ini saya akan bahas sekaligus memberikan panduan untuk melakukan instalasi control panel yaitu virtualmin di CentOS 7.

Salah satu Control Panel ini sering dipakai untuk user admin server VPS maupun Dedicated Server, kalau kalian penasaran silahkan bisa dicoba terlebih dahulu, kurang lebih seperti webmin nanti akan saya bahas di artikel selanjutnya mengenai detail webmin dan cara install webmin centos 7.

Tentang dan Detail Virtualmin

Virtualmin ini menurut saya, untuk fitur dan menu nya cukup banyak, maka cukup memakan waktu untuk memahami ataupun beradaptasi pada virtualmin.

Tergantung dari setiap orang, kalau menurut saya seperti itu dan lebih cenderung baik install webmin. Silahkan kalian coba sendiri saja.

Berikut saya lampirkan detail tentang Virtualmin :

  • Sistem operasi: UNIX dan Distribusi Linux
  • DNS: BIND
  • Email: Sendmail, Postfix
  • FTP: ProFTPd, vsftpd
  • Database: Ada

Pastikan para Sahabat Solvers sudah memiliki layanan seperti VPS ataupun Dedicated server karena memerlukan akses root menggunakan Terminal Shell nya, jika saya pribadi menggunakan PuTTY untuk akses SSH nya.

Silahkan kalian dapat install ssh menggunakan aplikasi putty atau lainnya. Jika belum ada layanannya saran saya bisa order di Indowebsite.id disana ada layanan VPS ataupun Dedicated Terbaik.

Cara Install Virtualmin

Berikut cara install virtualmin :

1. Silahkan kalian bisa login ke Terminal Shell nya, lalu jalan kan perintah berikut :

yum -y update

2. Jika dipastikan server kalian sudah update dan install wget, bisa download file untuk setup Virtualminnya.

wget http://software.virtualmin.com/gpl/scripts/install.sh -O /tmp/virtualmin-install.sh

3. Kalian ganti script menjadi executable.

chmod +x /tmp/virtualmin-install.sh

4. Jika sudah, silahkan eksekusi script nya.

sh /tmp/virtualmin-install.sh 

Tekan “Y” lalu enter saja.

5. Tunggu instalasi virtualmin nanti akan diberikan untuk link login ke admin panel nya. Biasanya menggunakan https://ipserverkalian:10000 untuk username dan password dapat menggunakan data login root server kalian.

Baca Ini Juga : Cara Install Vestacp di Centos 7

Selesai. ini tampilan virtualmin setelah login, jika kalian merasa kurang cocok dengan themenya, tenang saja karena ada theme lain di dalam Virtualmin ini, bahkan untuk themenya bisa di custom.

Saya pernah menemukan file hasil custom theme ini agar friendly bagi user virtualmin, jika kurang cocok saran saya bisa install webmin centos 7 :D.

Kalau kalian tidak bisa akses menggunakan link yang sudah diberikan, kemungkinan besar untuk server/vps kalian memblok port untuk loginnya yaitu port 10000.

Tenang saja, kalian bisa izinkan port tersebut pada firewall server kalian, berikut perintahnya :

systemctl enable firewalld
systemctl start firewalld 
firewall-cmd --zone=public --add-port 22/tcp --permanent
firewall-cmd --zone=public --add-port 10000/tcp --permanent

Penutup

Jika mengalami hal yang sama atau ada cara lain bisa komentar dibawah, mari kita saling berbagi pengalaman dan sharing. Sekian dari saya.

Salam Solvers !

Troubleshooter Enthusiast

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Viral! Biawak Raksasa Panjat Pagar Buat Gempar dan Tawa Warganet

Ming Jul 7 , 2019
Daftar Isi Biawak ViralKisah Awal DitemukanMeme-Meme Kocak dari WarganetMengajak BermainPengantar Pesanan Go-foodPengantar PaketMengajak Bermain Game PUBGPenjual Jamu Biawak Viral Biawak adalah sejenis kadal berukuran menengah dan besar yang tersebar di daerah beriklim panas dan tropis Afrika, Asia, dan Australia. Nama umumnya dalam bahasa Melayu, juga bahasa Indonesia adalah “Biawak” namun apa jadinya jika ada kisah […]