Cara Update WordPress Manual Dan Otomatis Terlengkap!

Pembahasan

Selamat datang Solvers! Dikesempatan kali ini saya akan bahas tentang bagaimana Cara Update WordPress Manual Dan Otomatis Terlengkap!.

WordPress adalah sebuah CMS yang sangat friendly dan tak jarang digunakan untuk pembuatan website oleh beberapa developer website. Adanya banyak kasus dan penyebab terjadi nya error tersebut maka akan saya bahas di artikel ini dengan lengkap.

Latar Belakang Dan Penyebab

Mari kita kenali, mengapa kita perlu mengupdate versi wordpress? menurut saya ini perlu karena dari setiap pembaharuan wordpress ini sangat berguna dan memperbaharui fitur baik dari segi dashboard, plugin wordpress dan theme wordpress. Berikut beberapa alasan kita melakukan update wordpress :

  • Terhindar dari bug wordpress.
  • Keamanan website.
  • File wordpress rusak atau corrupt.
  • Ada file wordpress yang hilang.
  • Website error.
  • Menyesuaikan plugin dan themes agar support.

Tutorial

Ada beberapa cara untuk melakukan update wordpress, baik dari cPanel, softacolous installer dan dashboard wordpress, maka saya disini akan coba berikan tutorialnya secara lengkap.

Baca Ini Juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Tambah Dan Edit Theme Plugin WordPress

Update Manual WordPress

Melakukan update manual wordpress itu terkadang kita butuhkan dalam keperluan tertentu, seperti website error sehingga kita tidak bisa login wordpressnya untuk masuk ke dashboard wordpress. Kebetulan saya menggunakan cPanel sebagai control panel hostingnya. Berikut adalah tutorialnya :

Silahkan kalian bisa download wordpress dahulu untuk file versi terbarunya dari website resmi WordPress. Jika sudah sampai situs resminya kalian bisa klik “Get WordPress” maka akan tampil seperti digambar dan kalian klik saja “Download WordPress”.

Jika sudah downloan wordpress, kalian bisa upload file wordpress nya pada directory root nya pada file manager yang biasanya berada di folder public_html.

Jika sudah diupload, kalian bisa extract file nya agar nanti terbuat otomatis terbuat folder bernama “wordpress” isi nya file-file default dari wordpress.

Didalam folder wordpress hasil extract tadi kalian bisa hapus folder “wp-content” mengapa perlu dihapus? karena agar tidak tertimpa oleh file-file konten wordpress kita yang sudah ada, meliputi file upload, postingan, plugin wordpress dan theme wordpress.

Jika sudah dihapus kalian bisa “Select All” dan klik kanan lalu pilih “Move” agar semua file default wordpressnya dipindahkan ke “public_html” dan tereplace.

Dengan ini kalian bisa cek versi wordpress nya pada dashboardnya, maka versi wordpress yang digunakan sudah versi terbaru.

Baca Ini Juga : Mengatasi Your PHP installation appears to be missing the MySQL extension which is required by WordPress

Update Otomatis Dari Softacolous

Menurut saya ini cara termudah untuk melakukan update tanpa login wordpress, tetapi dengan catatan di cPanel kalian sudah ada fitur softacolous Installer dan instalasi awal wordpressnya berasal dari softacolous.

Kalian bisa ke menu Softacolous installer pada cPanel lalu klik “Installations” atau icon “All Installations” di pojok kanan atas seperti digambar.

Nanti akan ada list CMS wordpressnya yang sudah kita install, kalian bisa pilih domain/subdomain yang ingin diupdate versi wordpressnya dengan cara klik Icon update pada petunjuk gambar diatas.

Setelah diklik icon update tadi tampilannya akan seperti ini, jika ingin kalian backup dahulu juga bisa cukup ceklis saja “Create Backup” jika ingin langsung update versi wordpressnya kalian bisa langsung klik saja “Upgrade”. Tunggu sampai proses update selesai dan berhasil.

Update Otomatis Dari Dashboard

Jika kalian masih bisa login melalui Dashboard wordpressnya menurut saya dapat update cms wordpressnya dari sana dan cukup mudah dan cepat.

Kalian bisa login ke dashboard wordpress seperti biasa dan kalian bisa pilih “Pembaharuan atau Updates”. Nanti disana akan ada tombol update wordpressnya. cukup mudah bukan?

Penutupan

Selesai. Sekian Cara Update WordPress Manual Dan Otomatis Terlengkap!, Jika masih tidak berhasil silahkan bisa hubungi pihak Penyedia Hostingnya dikhawatirkan memang ada masalah pada servernya.

Jika mengalami hal yang sama atau ada cara lain bisa komentar dibawah. Mari kita saling berbagi pengalaman dan sharing. Sekian dari saya 🙂 . Salam Solvers!

Baca Ini Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.