Cara Mengatasi Tidak Bisa Tambah Dan Edit Theme Plugin WordPress

Pembahasan

Selamat datang Solvers! Dikesempatan kali ini saya akan bahas tentang bagaimana Cara Mengatasi Tidak Bisa Tambah Dan Edit Theme Plugin WordPress.

CMS wordpress sangat friendly dan tak jarang digunakan untuk pembuatan website oleh beberapa developer website. Adanya banyak kasus dan penyebab terjadi nya error tersebut maka akan saya bahas di artikel ini dengan lengkap.

Latar Belakang Dan Penyebab

Mari kita kenali latar belakang mengapa bisa kita tidak bisa menambahkan plugin dan theme pada wordpress, bahkan ada contoh kasus sampai tombol Add Plugins atau Add Themes nya juga hilang. jika dari pengalaman saya berikut penyebabnya :

  • File WordPress corrupt atau rusak.
  • Gara-gara Theme atau Plugin yang sudah tidak support versi php dan WordPress terbaru.
  • Ada batasan Upload pada hosting.
  • Memory limit pada server tidak cukup.
  • Menggunakan Multisite.
  • Script disable pada wp-config.php.
  • Mod Security pada cPanel.

Solusi Permasalahan

Seperti yang saya sebutkan diatas, ada banyak kasus dan penyelesaian yang berbeda-beda namun saya coba bahas satu-persatu agar ketemu permasalahan yang kalian alami.

File WordPress Rusak

Jika anda mengalami ini, sebenarnya cukup fatal, file wordpress rusak biasanya karena kita tidak mengupdate perangkat website seperti versi wordpress, plugin ataupun theme. Silahkan kalian bisa coba update semua perangkat website, baik menggunakan cara manual download wordpress dari situs resmi, otomatis dari cPanel ataupun softacolous.

Baca Ini Juga : Cara Update WordPress Manual Dan Otomatis Terlengkap!

Theme Dan Plugin Sudah Tidak Support

Kasus ini sering terjadi, saya pernah menangani website tidak bisa Add plugin atau theme karena ada file theme yang membuat tombol “Add” hilang. Biasanya dikarenakan versi Theme sudah terlalu usang dan tidak ada pembaharuan.

Jika Theme atau plugin ada di list wordpress biasanya cukup di update saja, namun jika berasal dari developer luar dan berbayar itu cukup sulit karena mereka hanya membuat theme, menjualkan dan tanpa ada pembaharuan. Tentu saja ini akan termakan oleh update versi wordpress terbaru. Pentingnya memilih Developer Theme dan plugin, saya sarankan untuk memilih developer yang handal dan ada warranty diproduk nya.

Batasan Upload File

Bagi kalian saat menambahkan plugin dan theme muncul error seperti “upload max file size in php.ini” itu artinya dihosting kalian tersetting batasan upload dan file yang kalian upload melewati batasan upload.

Jika dihosting kalian ada fitur Select PHP Version, cukup mudah untuk menambah limit uploadnya, kalian login ke cPanel lalu ke menu Select PHP Version dan klik Options. Kalian cukup ubah dibagian post_max_size dan upload_max_filesize, bisa diatur sesuai keinginan kalian.

Jika tidak ada fitur Select PHP Version pada hosting tenang saja, karena sudah ada bawaan fitur cPanel yaitu Multi PHP Editor, kalian setelah login bisa ke menu Multi PHP Editor lalu pastikan sudah berada di Basic Mode maka tampilannya akan seperti yang digambar. Kalian bisa ubah dan atur sesuai keinginan.

Memory Limit Pada Server

Saat upload plugin atau theme biasanya akan loading terus menerus dan gagal, mengapa demikian? mungkin saja file yang diupload itu size nya cukup besar dan berat, maka memory pada hosting itu juga ada batasannya. Kalian bisa atur juga melalui Select PHP Version atau Multi PHP Editor.

Periksa juga di file default-constans.php kalian, file tersebut berada di dalam folder wp-includes dan cari line tersebut, naikan limitnya dari sana juga.

Baca Ini Juga : Mengatasi Your PHP installation appears to be missing the MySQL extension which is required by WordPress

Multisite

Ini kasus unik, dimana saya pernah mengecek sebuah website namun tidak ada tombol menambah plugin atau theme. Setelah saya cek ternyata Dashboard login wordpress yang saya cek itu adalah bagian dari Multisite. Apa itu multisite? intinya sepertinya menghubungkan beberapa dashboard wordpress menjadi satu dan saling terhubung.

Multisite biasanya digunakan karena memiliki banyak website yang menggunakan wordpress pada satu hosting, agar lebih simple pengelolaannya maka menggunakan Multisite. Kalian harus login ke Dashboard induk wordpressnya agar menemukan tombol menambah plugin dan theme disana.

Script Disable Edit

Kejadian aneh ini juga pernah saya alami setelah melakukan update wordpress ke versi terbaru waktu itu, tiba tiba tombol tambah plugin dan theme saya hilang dan tidak bisa membuat postingan, padahal saya sendiri merasa tidak pernah mengubah apapun.

Setelah di telusuri dan melihat di forum wordpress juga banyak mengalaminya, ternyata karena adanya line script otomatis yang ditambah pada file wp-config.php.

define( 'DISALLOW_FILE_EDIT', true );
define( 'DISALLOW_FILE_MODS', true );

ubah menjadi

define( 'DISALLOW_FILE_EDIT', false );
define( 'DISALLOW_FILE_MODS', false );

Memang sepele, ternyata its work. Entah bug atau bagaimana saat itu, ternyata sudah otomatis ada di file wp-config.php setelah saya update wordpress.

Baca Ini Juga : Cara Mengatasi Error Establishing A Database Connection Pada WordPress

Mod Security cPanel

Mod security pada cPanel ini menurut saya cukup sensitif, karena terkadang ada fungsi-fungsi website kita yang terblok, tidak hanya wordpress tapi website apapun itu karena saya pernah mendapatkan masalah yang sama, website berbeda namun cara penyelesaiannya sama.

Di cPanel saya, Mod security saya pilih off. Entah terkadang saya memang mengalami tidak bisa posting, add theme dan plugin namun saat Mod Security saya pilih off itu langsung bisa dan normal seperti biasa. Walaupun sisi positif dari Mod Security itu bagus dan baik untuk keamanan website.

Penutup

Selesai. Sekian Cara Mengatasi Tidak Bisa Tambah Dan Edit Theme Plugin WordPress, Jika masih tidak berhasil silahkan bisa hubungi pihak Penyedia Hostingnya dikhawatirkan memang ada masalah pada servernya.

Jika mengalami hal yang sama atau ada cara lain bisa komentar dibawah. Mari kita saling berbagi pengalaman dan sharing. Sekian dari saya 🙂 . Salam Solvers!

Baca Ini Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *