Cara Melihat File Quarantine Virus Scanner

Daftar Isi

Pembahasan

Selamat datang Solvers! Dikesempatan kali ini saya akan bahas tentang bagaimana Cara lihat File Quarantine Virus Scanner cPanel, sebab hal ini terkadang perlu dilakukan saat keadaan tertentu.

Latar Belakang Dan Penyebab

Mari kita kenali dahulu, mengapa kita membutuhkan file yang terkena quarantine pada saat terscan oleh Virus Scanner di cPanel.

Gambar berikut hanya sebagai contoh saja jika kita melakukan scanning pada hosting cPanel dan file-file kita terdeteksi virus atau malware. Lalu mengapa kita perlu mengembalikan file nya? berikut beberapa alasan diantaranya :

  • Ada file penting yang terdeteksi.
  • File yang terdeteksi ternyata bukan virus.
  • Website akan rusak atau error jika file terquarantine.
  • Ingin scan di antivirus PC untuk memastikan.
  • Upload ulang saat file sudah bersih dari virus.
  • Memperbaiki script yang terdeksi.

Tutorial

Terkadang file yang terencryption bisa terdeteksi sebagai virus ataupun malware, padahal tidak. Hal ini karena virus scanner yang terhubung langsung dengan eXploit Scanner mendeteksi adanya line script yang aneh ataupun mencurigakan, jadi masuk ke dalam file quarantine (jika scanning dijalankan otomatis, jika memang dilakukan secara manual maka kita bisa memilih apakah file nya ingin dimasukan ke quarantine, hapus dan dikecualikan.

Jika sudah terlanjur masuk ke quarantine jangan khawatir karena sebenarnya file tersebut memang tidak ada pada hosting namun tetap ada pada server dengan folder khusus untuk menampung quarantine file hasil scan, berikut cara melihat file quarantine :

Langsung saja, kalian login ke root WHM cPanel nya, pastikan sobat solvers sudah ada akses ke rootnya ya!.

Jika sudah bisa cari menu “ConfigServer Exploit Scanner”, mungkin ada pertanyaan, mengapa kok mencari file quarantinenya disana? sebab untuk konfigurasi Virus scanner memang ada disana. Jika sudah langsung saja klik cxs Control.

Setelah diklik maka tampilannya akan seperti gambar, disana akan terlihat file mana yang masuk quarantine dan terdeteksi virus oleh server. kebetulan diserver saya itu belum ada, dikarenakan saya lebih baik menggunakan Imunify360 dengan banyak fitur unggul disana. Imunify itu sangat bagus untuk mencegah DDoS ataupun melakukan scan karena informasi mengenai file virus atau malware akan terupdate disana, tapi kalian harus membayar licensi nya. mungkin akan saya bahas nanti.

Baca Ini Juga : Cara Merubah IP Sending Exim Server

Jika ingin lihat file quarantine dari SSH juga bisa, untuk folder tergantung dari kalian saat melakukan konfigurasi eXploit Scanner saat instalasi. Kalau saya itu berada di folder /secure/quarantine sebab tidak ingin tercampur pada folder /home.

Di cxs Control kalian bisa mengembalikan file nya dengan tombol seperti Restore ataupun pulihkan jadi silahkan ceklis file nya dan klik tombol tersebut.

Penutup

Selesai. Sekian Cara Melihat File Quarantine Virus Scanner, Jika masih tidak berhasil silahkan bisa hubungi pihak Penyedia Hostingnya dikhawatirkan memang ada masalah pada servernya.

Jika mengalami hal yang sama atau ada cara lain bisa komentar dibawah. Mari kita saling berbagi pengalaman dan sharing. Sekian dari saya 🙂 . Salam Solvers!

Baca Ini Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *