Cara Mengatasi Error 503 Valid RCPT Command Must Precede Data

Daftar Isi

Pembahasan

Selamat datang Solvers! Dikesempatan kali ini saya akan bahas tentang bagaimana cara Mengatasi Error 503 Valid RCPT Command Must Precede Data.

Latar Belakang Dan Penyebab

Mari kita kenali Error 503 Valid RCPT Command Must Precede Data terlebih dahulu, sebab saya rasa tak jarang yang mengalaminya saat mengirim email, membuka outlook maupun saat setting konfigurasi outlook. Berlaku untuk outlook versi lama maupun outlook versi terbaru. beberapa penyebab diantaranya :

  • Otentikasi setting tidak aktif.
  • Menggunakan VPN.
  • Mailbox akun email Full.
  • Settingan outlook belum sesuai.

Solusi Permasalahan

Hal dasar yang perlu kita cek adalah quota mailbox pada alamat email akun tersebut, apakah full atau tidak. Kebetulan saya menggunakan hosting cPanel maka untuk memanage dan melihat quota per-akunnya lebih mudah.

Contoh diatas menunjukan quota mailbox per-akun email dihosting saya. Jika tidak full bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Bagian selanjutnya bisa cek dari settingan Outgoing Server nya. Jika belum tahu caranya kalian bisa ke Account Setting >> Change >> More Setting, nanti akan ada tab Outgoing Server disana. Pastikan terceklis dan pilih dengan sesuai gambar “Use same settings as my incoming mail server”.

Baca Ini Juga : Mengatasi Error Retry Time Not Reached For Any Host

Kalau masih belum bisa cek juga settingan portnya di tab “Advanced” nanti disana akan ada Outgoing Port, jika menggunakan non-SSL biasanya akan terisi port 25. Sebenarnya port 25 ini sudah jarang digunakan untuk setting outgoing port outlook, mengapa demikian? sebab beberapa ISP sudah memblokir port 25 karena adanya indikasi untuk mengirim spam. Dengan demikian terkadang untuk error tersebut terjadi karena port outgoing 25 nya terblok oleh ISP. Jadi saran saya jika anda menggunakan settingan non-SSL bisa pakai port 26 atau port 27 sebagai gantinya, agar lebih aman dan nyaman.

Penutup

Selesai. Sekian cara mengatasi Error Error 503 Valid RCPT Command Must Precede Data, Jika masih error silahkan bisa hubungi pihak Penyedia Hostingnya dikhawatirkan memang ada masalah pada servernya.

Jika mengalami hal yang sama atau ada cara lain bisa komentar dibawah. Mari kita saling berbagi pengalaman dan sharing. Sekian dari saya 🙂 . Salam Solvers!

Baca Ini Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *